KPPN SAUMLAKI GOES TO SCHOOL DALAM RANGKA HARI BAKTI PERBENDAHARAAN 2018

Dalam rangka menyambut Hari Bakti Perbendaharaan tanggal 14 Januari 2018, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) tipe A2 Saumlaki menggelar kegiatan “Treasury Goes to School“. Kegiatan tersebut dilangsungkan pada hari Selasa, 9 Januari 2018, bertempat di SMA Negeri 1 Tanimbar Selatan, Saumlaki, diikuti lebih dari 100 orang siswa dan siswi perwakilan dari kelas X, XI dan XII.

IMG_6367[1]Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor KPPN Saumlaki, Teguh Irwono, yang didampingi Kepala Sub Bagian Umum Saiful, Kepala Seksi Bank Sutrisno, Treasury Manajemen Representatif KPPN Saumlaki Muhamad Riswan Bayu Sagoro dan sejumlah staf, serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Rahayaan.

“Ada kegiatan internal dan eksternal yang akan kami gelar dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018. Salah satunya adalah kegiatan Perbendaharaan Menyapa yang dilaksanakan pada hari Selasa ini, di mana tema kali ini adalah Meningkatkan Literasi Perbendaharaan Menggemakan Pembangunan” kata Teguh Irwono saat membuka kegiatan tersebut.

Selanjutnya dijelaskan oleh Kepala KPPN Saumlaki bahwa kegiatan “Treasury Goes to School” bertujuan secara umum untuk memperkenalkan tugas pokok Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam pengelolaan keuangan negara, dalam pembangunan nasional. Secara khusus, kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan KPPN Saumlaki dengan tugas pokok dan fungsi serta peranannya di dalam pembangunan di daerah Maluku Tenggara Barat.

Pada sesi berikutnya, Treasury Manajemen Representatif KPPN Saumlaki, Muhamad Riswan Bayu Sagoro, memaparkan kedudukan Ditjen Perbendaharaan sebagai bagian dari Kementerian Keuangan dan peranannya dalam kancah pelaksanaan APBN dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional, mekanisme penyusunan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN serta peranan KPPN Saumlaki sebagai salah satu instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan, tugas pokok, fungsi dan organisasi KPPN Saumlaki dalam kaitannya dengan pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

IMG_6446[1]Acara yang berjalan interaktif disertai dengan tanya jawab, dimeriahkan dengan pengenalan dan peragaan Salam Perbendaharaan yang diikuti oleh semua peserta, serta penyampaian kuis berhadiah menarik disetiap sesinya.

Secara umum, para siswa dan siswi peserta acara ini merasa senang sekali karena mendapat pengetahuan tentang APBN, tatacara pengelolaan dan pertanggungjawabannya.  Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Nany Watumlawar, Bendaraha I OSIS. “Kami sangat berterima kasih karena Bapak-bapak dari KPPN Saumlaki yang telah datang kepada kami dan mensosialisasikan tentang apa itu APBN, menambahkan  ilmu kami sebagai bendahara tentang bagaimana cara mengelola keuangan, mencatat penerimaan dan pengeluaran, dan tentang tugas pokok dari KPPN.” Peserta lain, Barce, berharap agar acara seperti ini bisa dilakukan lagi di waktu-waktu yang akan datang dengan waktu yang lebih lama sehingga dapat mendapat pengetahuan yang lebih mendalam.

IMG-20180109-WA0022[1]Pada kesempatan menutup acara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Rahayaan, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas inisiatif dari KPPN Saumlaki mengadakan acara Treasury Goes to School. Acara ini telah memberikan tambahan pengetahuan para siswa tentang APBN, Ditjen Perbendaharaan, dan KPPN. Yang tidak kalah penting lagi telah menginspirasi siswa untuk dapat berbakti kepada negara dengan turut serta menjadi pengelola keuangan negara seperti yang dilakukan oleh KPPN. (TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *