KPPN SAUMLAKI SELENGGARAKAN SOSIALISASI DAN BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN 2017

Pada hari Senin, 29 Januari 2018, KPPN Saumlaki menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Langkah-langkah Strategis Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dan Rencana Penarikan Dana (RPD) serta bimtek penyusunan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga tahun 2017 tingkat satuan kerja (UAKPA). Acara yang berlangsung di aula KPPN Saumlaki, diikuti oleh para Pejabat Pembuat Komitmen/Pejabat Penanda tangan SPM/Bendahara Pengeluaran dan petugas penyusunan laporan keuangan darisatuan kerja mitra KPPN Saumlaki.

Acara sosialisasi Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran tahun 2018 dan RPD dimaksudkan agar para pengelola keuangan satuan kerja seperti PPK dapat lebih memahami peraturan-peraturan yang berkenaan dengan mekanisme pelaksanaan anggaran dan rencana penarikan dananya, sehingga dapat dicapai pelaksanaan anggaran yang optimal, efektif, dan efisien“. Demikian disampaikan Kepala KPPN Saumlaki, Teguh Irwono, dalam sambutan pembukaannya.

IMG_7018[1]IMG_7014[1]
Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPPN Saumlaki menyampaikan bahwa capaian kinerja realisasi anggaran tahun 2017 dari 35 satuan kerja mitra adalah 91,19%, atau melewati 1,19% target yang ditetapkan sebesar 90%. Capaian ini merupakan hasil koordinasi dan kerjasama yang baik yang telah dilakukan oleh satuan kerja dengan KPPN selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah.
Namun di sisi lain, dalam pelaksanaan anggaran di tahun 2017, terdapat hal-hal yang masih harus diperbaiki, di antaranya : masih adanya satuan kerja yang terlambat menyampaikan data kontrak, satker yang terlambat mempertanggungjawabkan uang persediaan/tambahan uang persediaan, pengembalian SPM akibat kesalahan akun, kesalahan uraian, ataupun penggunaan nomor SPM yang duplikasi. Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan pemahaman dari para pengelola keuangan satuan kerja akan semakin meningkat, koordinasi dan kerjasama antara satuan kerja dengan KPPN Saumlaki semakin baik sehingga permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan anggaran di tahun 2018 bisa dihilangkan, atau diminimalisir.

Bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan tingkat satuan kerja selaku UAKPA diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang masih ditemui dari hasil rekonsiliasi data antara Kuasa Bendahara Umum Negara dengan satuan kerja, sehingga dapat dihasilkan laporan keuangan yang akurat, tepat waktu dan akuntabel, sekaligus dapat meningkatkan atau mempertahankan opini laporan keuangan kementerian negara/lembaga dan LKPP yang telah diraih di tahun 2016, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian“.

penyerahan cenderamataBertindak sebagai narasumber sosialisasi Langkah-langkah Strategi Pelaksanaan Anggaran tahun 2018 dan RPD adalah Pudjiono, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker KPPN Saumlaki. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber pada bimtek penyusunan laporan keuangan adalah M. Irfan Fatoni dan Firman CA Poceratu. Acara diselingi dengan kuis-kuis yang menyediakan hadiah menarik. Selain itu, hadiah menarik juga diberikan kepada peserta yang datang pertama kali, yang pada kali ini diraih oleh Kapten Kristanto dari LANAL Saumlaki.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi yang baik dari peserta. Klaudius F., peserta dari LANAL Saumlaki menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu satker dalam penyusunan LK.
“Mohon dapatnya kegiatan sejenis ini dilaksanakan tidak saja pada awal tahun anggaran namun dilaksanakan pada setiap semester ataupun ada perubahan pada setiap PMK yang baru” tambahnya.
Irena, peserta lain, mempunyai harapan yang sama dengan Klaudius. “Pelaksanaan kegiatan Rencana Penarikan Dana dilakukan secara berkala dan dievaluasi rutin sehingga meminimalisir kesalahan, sehingga tidak terjadi kesalahan berulang”. (TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *