SOSIALISASI PENGELOLAAN REKENING SATUAN KERJA K/L

Pada hari Jumat tanggal 23 Februari 2018, KPPN Saumlaki mengadakan sosialisasi Pengelolaan Rekening Satuan Kerja Lingkup Kementerian Negara/Lembaga yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 182/PMK.05/2017. Acara yang berlangsung di aula Gedung KPPN Saumlaki di Jalan Ir. Soekarno tersebut dibuka oleh Kepala KPPN Saumlaki, Teguh Irwono, pada pukul 14.00 WIT. Hadir dalam acara tersebut adalah pimpinan dan staf dari BRI Cabang Saumlaki, BNI Kantor Kas Saumlaki, dan BPD Maluku dan Maluku Utara.

sosialisasi pmk 182

Kepala KPPN Saumlaki dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud diselenggarakannya sosialisasi tersebut adalah supaya ada kesamaan persepsi antara KPPN selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah dengan Bank-bank Umum sebagai mitra kerja terhadap ketentuan-ketentuan yang ada pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 182/PMK.05/2017. Latar belakang dari PMK tersebut adalah adanya upaya penyederhanaan pengelolaan rekening milik satuan kerja lingkup K/L agar lebih efektif, efisien, dan akuntabel. Dengan berlakunya PMK Nomor 182/PMK.05/2017 maka PMK Nomor : 252/PMK.05/2014 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Selain itu sebagai penyempurnaan dari ketentuan berkenaan dengan jenis rekening yang belum diatur atau belum tertampung dalam ketentuan PMK Nomor 252/PMK.05/2014, serta adanya temuan BPK terkait dengan pengelolaan rekening pemerintah.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Seksi Bank KPPN Saumlaki, Sutrisno. Sutrisno memaparkan pengaturan-pengaturan baru dalam PMK 182/PMK.05/2017 yang meliputi : persetujuan pembukaan rekening oleh KPPN, penambahan kategori rekening, rekonsiliasi tingkat daerah antara KPPN dengan bank umum mitra kerja, aplikasi rekening, kartu debit, virtual account, kewenangan kepala satker/BLU, simplifikasi permohonan dan format persetujuan rekening dan penyempurnaan penamaan rekening satker.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi yang terkait dengan permasalahan dari hasil rekonsiliasi antara KPPN Saumlaki dengan ketiga bank umum mitra kerja tersebut. (TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *